MTsN 1 BANYUMAS MENGADAKAN PERTABAH 1441 H.

2019-09-13 08:57:42

Purwokerto-Dalam rangka menyambut datangnya tahun baru Hijriyah, Gudep MTsN 1 Banyumas mengadakan Pertabah (Perkemahan Tahun Baru Hijriyah) sekaligus persami dalam rangka penerimaan penggalang baru. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari mulai dari hari sabtu 31 Agustus sampai hari minggu 1 September 2019. Peserta kegiatan ini adalah seluruh siswa kelas 7, pengurus Dewan Penggalang yang terdiri dari kelas 8 dan 9 serta seluruh Pembina Pramuka.

Tujuan diadakan kegiatan ini adalah dalam rangka mewujudkan generasi pramuka yang hebat dan bermartabat, berdedikasi tinggi, berjiwa patriotis serta sanggup mengamalkan nilai-nilai ajaran Agama dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini di awali dengan upacara pembukaan Pertabah/ Persami yang dilaksanakan di Lapangan MTsN 1 Banyumas. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Bpk. Drs. Ubaidillah, beliau menyampaikan pesan kepada peserta upacara agar senantiasa mengamalkan dasa darma pramuka. Beliau juga menghimbau agar peserta upacara bisa mengambil hikmah dari peristiwa hijrah Rasulullah saw agar bisa menjadi manusia yang lebih baik.

Adapun materi kegiatan meliputi PBB, Ketrampilan Kepramukaan, Pengetahuan Kepramukaan, Permainan, Upacara Api Unggun dan Muhasabah tahun Baru Hijriyah.

Pada malam harinya adik-adik Pramuka penggalang melaksanakan Upacara Api Unggun dan pentas seni. Seluruh siswa mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusias dan semangat, mereka juga terlihat sangat senang bisa mengikuti kegiatan Pertabah ini walaupun harus bermalam di tenda yang dingin dan beralaskan rumput. Kegiatan diakhiri  dengan upacara penutupan sekaligus pembagian hadiah bagi regu yang tergiat. (ari)