BOS MTs MA Cair, Gaji Guru 4 Bulan Terbayar

PURWOKERTO – Setelah menunggu hampir 4 bulan, sejumlah MTs dan MA swasta di Banyumas mulai mencairkan dana BOS tahap 1 di Bank Mandiri KP Purwokerto sejak Senin (25/4). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas H Aziz Muslim SAg MPdI melalui Kasi Pendidikan Madrasah H Edi Sungkowo SPd MPd menerangkan bahwa pencairan dana BOS MTs MA ini dilakukan secara bertahap. “bank penyalurnya ini baru, sehingga butuh waktu lama untuk verifikasi dan aktivasi rekening”, ujar Edi saat ditemui di ruang kerjanya.

Meski demikian, lanjut Edi, kami akan meminta bank untuk dapat melayani pencairan seluruh madrasah sampai 28 April mendatang. “Sudah dijadwalkan 72 madrasah hingga kamis 28 April 2022, bertahap agar tidak terjadi penumpukan”.

Dari data yang ada pada Kemenag Banyumas, dana BOS MTs MA yang disalurkan pada tahap 1 ini sejumlah 10,4 Milyar kepada 72 lembaga untuk sekitar 6000 siswa MTs dan 2500 siswa MA swasta.

Salah satu bendahara MTs, Indah, mengungkapkan butuh waktu sekitar 45 menit di CS dan 30 menitan untuk antri teller. “Tellernya ini bersamaan dengan nasabah lainnya, jadi perlu antri”, katanya di sela sela antrian. “Hari ini kita mencoba 10 madrasah, jika formulir diisi dari rumah atau madrasah besok bisa kita layani 20 madrasah. Jadi Kamis (28/4) sudah selesai semua”, ujar CS Mandiri, Dayan.

Sementara itu Masino, Kepala MTs Maarif NU 1 Karanglewas mengaku dana BOS yang ia cairkan akan segera digunakan untuk membayar honor guru dan tenaga kependidikan yang sempat tertunda selama 4 bulan. “Alhamdulillah, bisa menggaji guru 4 bulan”, katanya ditemui saat pencairan di bank Mandiri. (akw)

Bagikan :
Translate »