Menggali potensi siswa melalui classmeeting

Purwokerto (28/12) – Kegiatan Belajar Mengajar Siswa MAN 1 banyumas untuk semester gasal Tahun Pelajaran 2016/2017 berakhir pada tanggal 6 Desember 2016. Sambil menunggu penerimaan Hasil Belajar, waktu yang ada tidak dibuang sia-sia. Sesuai dengan Program Kesiswaan, waktu tersebut dimanfaatkan untuk menggali dan mengembangkan kreatifitas, ketangkasan dan bakat, juga prestasi. Jenis kegiatan classmeeting berupa lomba olahraga diantaranya basket, futsal, bulutangkis, tenis meja dan kreasi majalah dinding.

Untuk kegiatan yang bersifat gembira diadakan Lomba “Supporter Terheboh” Kegiatan classmeeting diikuti seluruh kelas sebanyak 32 Rombel dan dilaksanakan selama 1 pekan mulai tanggal 8 sampai 14 Desember 2016. Kegiatan classmeeting bertepatan dengan bulan Rabi’ul Awal maka siswa menutup kegiatan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diselenggarakan oleh Organisasi FUKI (Forum Ukhuwah Kajian Islami) pada Hari Rabu, 14 Desember 2016 mengambil tema “Bergerak Senada Menuju Remaja yang Mahabbah Rosul” dengan Pembicara DR. KH. Ridwan, M.Ag, dosen IAIN Purwokerto dan tidak ketinggalan hadir pula bintang tamu Ahbabul Mustofa dan Gus Alif Munzier dari Kudus, serta Ustadz Ahgista Khoirul yang sekaligus memimpin sholawatan.

“Sholawat merupakan media untuk menanamkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW, menghindarkan kita dari siksa Allah SWT. Bentuk terimakasih kita kepada Nabi Muhammad SAW dan mendatangkan karunia-Nya. Sholawat juga merupakan amalan yang mudah dan membuat hati menjadi tenang serta sebagai sarana untuk mendapat Syafaat Rasul kekasih Allah SWT,” demikian Ustadz Ahgista Khoirul.

Sedangkan DR. KH. Ridwan, M.Ag dalam tausiyahnya menyampaikan tentang kehidupan Rosul dan para sahabat Nabi. Menjadi umat Nabi Muhammad SAW yang baik dengan cara menjalankan senah-sunahnya. DR. KH. Ridwan, M.Ag juga menekankan tentang keteladanan Akhlak Terpuji Rasulullah SAW yang diungkapkan dari kisah-kiah keteladanan Rasul.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bertepatan juga dengan HUT FUKI yang ke-19. Semoga dengan semakin bertambahnya usia, ekstra FUKI akan menjadi makin mantap, berprestasi, penuh inovasi dan penuh keteladanan.

Acara ditutup dengan pamitan sesepuh MAN 1 Banyumas Drs. KH. Rokhidin, M.S.I yang telah purna tugas per 1 Desember 2016. (muhiroh)

Open chat
1
Selamat Pagi
Scan the code
Assalamu'alaikum
kementerian Agama Kabupaten Banyumas