Momentum Apel Tiap Tanggal 17 , Refleksi Loyalitas Terhadap Bangsa Dan Negara

Purwokerto : “ Semangat apel tanggal 17 adalah bagaimana semangat disiplin , disiplin untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi kita sebagai Aparatur Sipil Negara. “  Hal tersebut disampaikan oleh KaKan Kemenag Kabupaten Banyumas Aziz Muslim dalam pengarahan dihadapan Plt. Kasubag TU, Kasi, penyelanggara dan ASN saat pelaksanaan apel tanggal 17 Mei dihalaman kantor Kementerian Agama Banyumas.

Lebih lanjut Aziz menyampaikan bahwa kita sudah banyak diberikan kelonggaran-kelonggaran , dispensasi  tidak melaksanakan apel setiap hari . Kita diberikan kewajiban saat ini dalam situasi pandemik yakni setiap senin dan setiap tanggal 17, maka manfaatkanlah momentum ini , sikap kita dan loyalitas kita terhadap bangsa dan negara.

“ Menanamkan sifat nasionalisem , kita tahu bahwa saat ini mulai luntur rasa nasionalisemnya warga negara kepada negara ini, maka kita sebagai aparatur sipil negara mestinya menjadi pion-pion , menjadi rule model bagaimana menanamkan cinta tanah air sebagai tempat kita berbijak , sebagai tempat kita mengabdi . Mudah mudahan dengan rasa cinta tanah air ini akan menimbulkan harokah dan semangat keberkahan kepada kita semua karena kita lahir dan akan mati di bumi Indonesia ini. Maka kita harus  junjung tinggi rasa komitmen dan rasa kebangsaan  yang akhir – akhir ini mulai luntur , salah satu upaya ikhtiar untuk memupuk rasa nasionalisme ini adalah melalui apel penghormatan bendera pada setiap tanggal 17.” Terangnya .

“ Mudah – mudahan ini juga sebagai ikhtiar kita , wasilah kita untuk bagaimana terus memupuk rasa nasionalisme rasa cinta tanah air diawali dari ASN , keluarganya dan sebaginya. Mudah mudahan juga sebagi bakti kita untuk bumi pertiwi Indonesia. “  

“ Aparatur Sipil Negara melalui pak Jokowi sudah melaunching tagline ASN BERAKHLAK , berkahlak yakni BERorinetasi pada pelayanan, bagaimana kita memberikan layanan terbaik kepada masyarakat sebagai abdi masyarakat abdi negara. Sehingga bagaimana kita memberikan pelayanan yang tidak hanya memuaskan tetapi juga membahagiakan.

“ Akuntable , setiap langkah kita bagaimana kita bekerja dan berkinerja yang baik , maka sebagai konsekuensi pemerintah memberikan TUKIN atau tunjangan kinerja maka parameternya adalah kinerjanya harus efektif dan efisien semakin meningkat dan harus dapat dipertanggungjawabkan.”

Kompeten, era sekarang semuanya dituntut untuk kompeten , tidak ada lagi pendidikan yang dissmap atau salah kamar , tidak ada lagi yang dibawah standar. Ini tuntutan kedepan bagaimana kitan dituntut untuk mengambangkan profesionalisemnya disemua tugas.”

Harmoni , bagaiamana roda organisasi ini akan berjalan dibutuhkan sebuah lingkungan kerja yang harmonis. Kita tidak ada apa-apanya tanpa dukungan , tanpa support dari Japel dari JFT dan lain sebagainya. Disini dibutuhkan sebuah keharmonisan dalam sebuah organisasi.”

Loyal, ASN memiliki kewajiban memiliki loyalitas yang tinggi intruktif tidak ada diskusi, bagaimana kita melakukan kerja secara komplit mengabdi kepada bangsa dan Negara , sehingga parameternya adalah prestasi , dedikasi , loyalitas dan tidak tercela pengabdian kepada negara.”

“ Akomodatif , kita harus mengakomodir berbagai aspirasi kepentingan, termasuk inofasi inofasi yang ada di kantor kementerian Agama Kabupaten Banyumas , berbagai kepentingan dalam rangka memberikan efektifitas dan efesiensi dalam memberikan pelayanan, mengokomodasi semua pihak .”

“ Yang terakhir K adalah Kolaboratif , kita harus berkolaboarasi dengan semua stek holder , berkolaborasi antar seksi , semua komponen , bagaimana kita membangun dan membesarkan kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas dengan berkolaborasi kebersamaan. Kita adalah tim work , maka wujudkanlah menjadi tim work yang solid dengan netwok yang handal, menuju Banyumas yang makmur kementerian Agama Kabupaten Banyumas yang professional.” Pungkasnya.(yud)

Bagikan :
Translate »