Pemangkasan Anggaran untuk memenuhi kebutuhan pos lain

PURWOKERTO (04/07) – Anggaran operasional sejumlah kegiatan di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) tahun ini dipangkas.

Pemangkasan anggaran tersebut dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan anggaran pada pos yang lain. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyumas, Bambang Sucipto melalui Kasi Pendidikan Agama Islam (PAIS), Purwanto Hendro Puspito, kemarin, mengungkapkan pemangkasan tersebut terjadi pada seluruh unit kerja, termasuk Seksi PAIS.

Bahkan, lanjut dia, total besarnya anggaran dana Seksi Pendidikan Islam (Pendis) Kanwil Kemenag Jateng yang dipangkas mencapai sekitar Rp 900 juta.

Anggaran yang dipangkas ini berasal dari pos sejumlah kegiatan, seperti belanja barang, belanja modal, kegiatan sosialisasi, dan kegiatan operasional lainnya.

Dana tersebut selanjutnya akan dialokasikan untuk pos-pos lain yang membutuhkan tambahan anggaran dana, seperti untuk membayar Tunjangan Profesi Guru (TPG) terhutang 2015 lalu, gaji ke-13 dan ke-14 (THR).

Untuk tunjangan profesi guru Pendidikan Agama Islam, lanjut Hendro, khusus di Kabupaten Banyumas saat ini masih memiliki tunjangan profesi terhutang yang besarannya mencapai sekitar Rp 10 miliar.

”Angka tersebut merupakan akumulasi untuk tunjangan profesi terhutang selama lima bulan yang belum terbayar hingga sekarang. Tapi kalau untuk tunjangan profesi guru tahun 2016 ini tidak ada masalah dan anggarannya sudah tersedia,” terangnya.

Kendati anggaran dana untuk kegiatan operasional dipangkas, namun untuk pos-pos lain yang bersifat tetap tidak dipangkas, misalnya belanja pegawai, anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sampai anggaran untuk Program Indonesia Pintar (PIP).

Meski dana tunjangan tersebut masih terhutang, namun ia memastikan dana tersebut tidak akan hangus. Dana ini belum bisa diberikan kepada guru penerima lantaran belum adanya ketersediaan anggaran dana yang digunakan untuk membayar. (sumber:SM)

Open chat
1
Selamat Pagi
Scan the code
Assalamu'alaikum
kementerian Agama Kabupaten Banyumas