Pengkuruan Arah Qiblat Masjid Al Muhajirin Dukuwaluh

 Purwokerto : Mewakili Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas , Staff Bimas Islam  Ky Zuhdi didampingi oleh Sobirin melakukan pengukuran dan penentuan arah Qiblat di masjid : Al Muhajirin , Desa Dukuhwaluh Rt 02/07 kecamatan Kembaran. Penentuan arah qiblat ini disaksikan oleh Abas, Sutaryo, dan Afifudin selaku takmir masjid dan aparat desa setempat. Kamis, (10/02)

Penentuan arah Qiblat ini dilakukan sebagai acuan pada saat melaksanakan ibadah sholat, dimana sampai saat ini masih ada beberapa masjid dan mushola yang arah Qiblatnya harus diperbaiki.

Disela sela kegiatan pengukuran dan penentuan arah Qiblat Ky Zuhdi menyampaikan bahwa masih ada pengurus atau takmir masjid yang belum begitu memahamai akan penentuan arah qiblat dengan benar, mereka masih menggunakan cara lama hanya menggunakan kompas sebagai patokan arah qiblat.

” Padahal arah qiblat di kompas beda dengan arah qiblat sholat , kalau dengan menggunakan alat kompas penunjukannya hanya arah  barat sebagai patokan kemudian geser ke kanan 25 drajat  Itu yang selama ini masyarakat tahu. ” jelasnya.

” Pengukuran yang benar dan tepat harus menggunakan beberapa alat , seperti kompas, teodolit, aplikasi qiblat  finder, kalkulator.  Penentuan pertama dengan menggunakan kompas dimana Lintang selatan dan Bujur Timurnya harus diketahui , kemudian penentuan arah titik matahari ,  jam pengambilan pada saat pengukuran dilakukan dan selanjynta diolah dengan data dari qiblat finder serta kalkulator khusus. ” jelasnya lebih lanjut.

Semua pelaksanaan pengukuran ini menggunakan  alat dan perlengkapan yang sudah tersertifikasi dan berstandar nasional , serta sudah digunakan di seluruh Indonesia . Untuk petugasnya  juga sudah mengikuti pelatihan di Balai Diklat Kementerian Agama Kanwil jawa tengah.

” Hasil dari pengolahan data inilah yang nantinya akan keluar titik  arah qiblat yang benar sebagai patokan arah sholat, dan ini yang akan kita serahkan kepada takmir masjid.” pungkasnya

Ditempat yang sama Sunaryo selaku takmir masjid Al Muhajirin menyampaikan ucapan terimakasih kepada kepala kantor Kemenag Banyumas yang telah memfasilitasi dalam pengukuran arah Qiblat di masjid desa setempat.

” Dengan sudah akuratnya arah Qiblat semoga menambah semakin mantap dan yakin dalam pelaksanaan ibadah sholat.” ujarnya (tum)

Bagikan :
Translate »